Tuesday, August 14, 2007

hmmm, Frutang Ajaib

hmmm, beberapa hari yang lalu. Setelah pulang dari berjalan2 (Berjalan? Tidak juga, sebenarnya duduk2 di atas motor saja), lampu Ultraman di HUD dashboard motor berkedap-kedip. Pertanda bensin sudah mulai habis. Dengan berat hati (Fakta! Hati adalah organ terberat pada manusia.....dewa juga!), terpaksa membelokkan motor ke POM bensin terdekat yang kebetulan milik Pertamina. Lalu apa? Ada motor ninja yang diisi bensin berlebih lalu tidak mau membayar? Salah, itu sih baca aja di blognya si Hariage-Kun. Ternyata POM Bensin itu cukup besar dan bagus, terbukti dari pelanggannya yang banyak. Untunglah stand buat motor dipisah, jadi tidak perlu mengantri bersama truk-truk dan bis-bis.

hmmm, di POM bensin ini juga semua pegawainya memakai seragam yang lengkap beserta topinya sekalian. Seragamnya berwarna merah, yah mirip2 pegawai Alfamart gitu deh. Tidak seperti di POM bensin lainnya (Pertamina), seringkali si tukang colok selang tidak berpakaian sewajarnya, untung saja belum pernah menemui petugas yang cuma berkutang (celananya juga dipakai, tentu saja...jangan berharap!). Mungkin di Shell atau di Petromax, semua petugasnya sudah berseragam. Jadi bisa dibilang POM bensin ini adalah kawasan percontohan teladan buat POM bensin Pertamina lainnya.

hmmm, selagi menunggu giliran, iseng-isenglah membaca tulisan-tulisan yang tertera di situ, salah satunya adalah SOP (Standard Operation Procedure bukan Sarimin, Otong dan Paiman). Sebenarnya sih standar2 saja SOP mereka (namanya juga ada standardnya), seperti meteran harus 0 sebelum mengisi, gelas harus penuh sebelum dan sesudah pengisian, dll. Tetapi ada yang menarik di beberapa poin SOP-nya.

i. Selalu melayani pelanggan dengan 3S (Senyum, Sapa dan Salam) karena pelanggan adalah raja (Hmmm, kebetulan kali ini pelanggan adalah DEWA).
i+1. Selalu mengucapkan terima kasih pada pelanggan.

Lalu, di stiker yang menempel di salah satu mesin pengisinya bertuliskan "Jika petugas tidak memberi 3S (Sapa, salam dan senyum) dan ucapan terima kasih, maka Anda berhak mendapatkan segelas Frutang."

Mirip dengan modus operandi Alfamart kalau tidak salah, bedanya kala di Alfamart, kita akan mendapatkan sebungkus gula pasir bila petugas lupa menanyakan kartu keanggotaan XXX Club ato semacamnya.

hmmm, sampailah pada giliran gw. Kebetulan di belakang sudah tidak ada yang mengantri. Lagi2 menemukan sesuatu yang menarik, sebuah papan pengumuman berisi tentang Karyawam Terbaik Bulan ini. Ternyata muke gile yang terpampang di pengumuman itu sama dengan orang yang melayani waktu itu. Bedanya yang terpampang di papan pengumuman itu lengkap dengan mulut yang nyengir, sedangkan aslinya sedang tidak nyengir. Setelah selesai mengisi bensin, di tetap tidak tersenyum.

KTB (Karyawan Terbaik Bulan Ini): Mas, lagi haus gak? Saya kasih Frutang gratis nih.
DV (Darth Verocious): (Gw pikir dia mo nyuruh gw minum bensin) Hmmm, oh iya boleh, Mas. Kebetulan emang lagi haus, mo mampir ke kios terdekat agak malas.
KTB: Tapi saya gak usah senyum ya (Sambil nunjuk ke stiker bertuliskan tentang tata cara ber-Frutang).
DV: Hmmm, gak papa deh Mas. Lagian senyumnya gak bisa saya minum. Makasih ya.
KTB: Oh, makasih kembali (sambil senyum juga).

hmmm, dan pergilah gw melanjutkan perjalanan dengan tenggorokan terbebas dari rasa haus dan bensinpun full tank. Lumayanlah, dapet Frutang gratis, tapi masih disenyumin ama dapet makasih juga. Oh, Karyawan Terbaik Bulan Ini.....namamu tidak akan pernah kulupakan.....Eh, ngomong2 nama mas2nya siapa ya?

No comments: