Monday, May 21, 2007

hmmm, Pojok Cerita

hmmm, iseng2 nulis cerbung. Gw terinspirasi dari One Piece, cerita terbaik tentang persahabatan dan kehidupan. Rencananya sih bersambung ampe 5 chapter. Yang gw tulis baru 2 chapter doank. Tapi klo cerbungnya gw tarok ke sini, gw kira bakal kepanjangan. Terpaksalah gw upload di forum csui05 yang tercinta di thread galeri karya mandiri atau semacamnya. Ternyata setelah belajar OS dan bastad, backup itu penting, dan karena harddisk itu murah (menurut pandangan Bu Sinchan) , jadi gw memutuskan untuk menitipkannya di ftp di folder gw, dengan pertimbangan belakangan ini forum csui05 mati2 mulu dan link2.us tampaknya lagi down.

Hmmm, entah mengapa klo udah di rumah, bawaannya males untuk konek ke dunia internet. Ya terpaksalah, update blog menunggu gw ada keperluan lagi di kampus. Ternyata hari ini ada keperluan juga ke kampus. Sekalian sajalah update.

Hmmm, tampaknya untuk sekarang gw lagi kering bacaan dan gw gak sudi nyebut slide-slide dan diktat-diktat itu sebagai bacaan, itu hanya kertas biasa, Bung! Area X udah selese dibaca, tumben, padahal servernya cuma 1, tapi queue-nya koq sepi ya?
Semoga probter besok gw juga lancar itung-mengitung.

Hmmm, masalah buncu-buncuan, kemaren (bukan kemaren pas sih) adek gw, Burcan (yang ini udah SMP) disuruh gurunya membuat ringkasan dari novel berbahasa Inggris. Lalu dia melihat belakangan ini gw suka membaca, dia meminta pertolongan gw.

Burcan : Bang Ganteng, ringkasin novelnya Dan Brown donk!
Bang Ganteng (BG) : Hmmm, buat apa, adikku?
Burcan : Disuruh guru buat ringkasan dari novel bahasa inggris nih.
BG : Hmmm, buncunya udah dikembaliin tuh ama ibu2nya. Sekarang adanya novel Wiro Sableng ama komiknya Tatang S. mau gak?
Burcan : Bahasa Inggris gak?
BG : Gak, bahasa Ambon. Ya, bahasa Indonesialaaaaaah....
Burcan : Tapi disuruhnya yang bahasa Inggris.
BG : Gak salah mo baca Dan Brown? Tau Dan Brown aja gw yang kasih tau. Lagian lo juga gak bakal ngerti isinya, Bur. Walaupun itu udah diterjemahin ke bahasa tubuh.
Burcan : Gak papa2 deh, yang penting ringkasan novel bahasa Inggris.
BG : Wiro Sableng juga klo ditranslate juga jadi novel bahasa Inggris, Bur! Lagian juga gurulo gak bakal ngerti ama ceritanya Dan Brown, dia harus bertapa lebih lama biar bisa ngerti.
Burcan : Trus gimana donk?
BG : Ya udah, cari novel bekas di toko novel bekas berbahasa Inggris gih!

Hmmm, dan si Burcanpun pergi membeli novel bekas berbahasa Inggris. Menurut gw, gurunya kurang spesifik. Masak disuruh ngeringkas novel berbahasa Inggris, klo gitu sih novelnya Tatang S di-Inggrisin udah memenuhi kriteria. Seharusnya tuh guru ngasih tugas mengarang novel yang dikarang orang luar negri. Klo gitu novelnya Tatang S yang dikarang waktu dia di luar negri juga masuk kriteria donk?

Hmmm, klo gitu gimana dengan novel yang dikarang orang yang berkewarganegaraan selain Indonesia? Masih ada kelemahannya sih, kalo yang ngarang Poniyem Berkatul tapi berkebangsaan Jerman gimana? Abis itu judul novelnya "Balada Percintaan Sopir Metromini".

Hmmm, tidak terasa si Burcan sudah kembali dari toko bekas yang menjual novel bekas berbahasa Inggris itu. Tahukah kalian novel apa yang dibelinya? "The Babysitter Club", novel lemah cupu gila kampret mencret terjemahan langsung dari novel "Klub Babi Tukang Duduk". Udah gitu untuk novel yang cuma 100 halaman dengan ukuran font 16 pt dan spacing double itu, bekas pula! Harganya mencapai 10000 rupiah!!! Cih, novel kacangan, salah deng, novel kuaci itu (kacang ama kuaci mahalan mana ya?) tidak berhak untuk dihargai 10 ribu, lain ceritanya klo penjualnya yang bayar 10 ribu saking jeleknya novel kuaci itu.

BG : Hmmm, turun derajat banget dari buku sekelas Da Vinci Code ama Angel Demon, malah baca novel karya orang antah berantah, Bur!
Burcan : Nih, udah Burcan beli, bacain donk!
BG : Hmmm, mendingan gw ditraktir pizza daripada suruh baca novel lemah.
Burcan : Yaaaah.....sia-sia donk?
BG : Hmmm, ya iyaalaaah...sesia-sia emas dibuat jadi lap buat cebok. Tapi, karena gw ganteng, ya udah deh gw tulisin sini ringkasannya.

Hmmm, tugas busuk itu selesai dengan gw nerjemahin ringkasan yang ada di belakang buncu itu. "Ellie (klo gak salah) mendirikan klub Babi Tukang Duduk, tapi klub itu kini terancam bubar. Kemudia Ellie berusaha menyatukan klub itu lagi".
Ringkasan lemah untuk novel lemah dari Dewa Sakti.

5 comments:

nisaihsani said...

hahaha, baby sitters club itu dulu buncu paporit gw jaman sd bang! siapa itu Ellie? ngarang juga lo, hahaha.

KN said...

hmmm, buncu gak signifikan gitu gak perlu diinget nama tokohnya, bikin sakit hati aja...

Anonymous said...

Cie2 tersirat hohohohoo..

mia_miun said...

Tidak ada tokoh Ellie!!
hanya ada Kristy (Ketua), Claudia (Wakil Ketua), Mary Anne (Sekretaris), Stacey(Bendahara), Abby(Alternate Officer), Jessi & Mallory (Junior Members), Dawn(Anggota kehormatan), Logan (Associate member merangkap pacar Mary Anne), Shannon (Associate member).
ah jangan rindu, bahas ah ntar di blog gua

upit said...

~sangat tersirat
~wok wok wok