Monday, June 18, 2007

hmmm, Avatar: The Last Airbender

hmmm, nemu film kartun seri keren produksi Nickelodeon (hmmm, Nickelodeon utang ke gw 1 juta dollar buat postingan gw kali ini). Sejauh yang gw tonton (10 chapter dari total 40 chapter yang beredar di warung-warung), film ini mengandung banyak unsur keren, action, komedi, drama, romantikasi (halah, ada yang tau kata yang tepat?) dan lain-lain. Gambarnya juga unik, campuran antara anime (kartun jepang) ama kartun amerika.

hmmm, Plot ceritanya kayak gini:

Di suatu dunia antah berantah, ada 4 fraksi. Bangsa Api (Fire Nation), Suku Air (Water Tribe), Kerajaan Tanah (Earth Kingdom) dan Petualang/Musafir Udara (Air Nomad (Nonton Hemad)). Orang-orang Fire Nation menguasai pengendalian api (firebending), Water Tribe menguasai airbending dan seterusnya. Masing-masing fraksi tersebut saling hidup dengan damai, difasilitasi oleh seorang Avatar. Avatar adalah orang yang menguasai ke-4 elemen tersebut dan menjaga keharmonisan hubungan di antara 4 fraksi tersebut.

Seorang Avatar apabila tewas, akan bereinkarnasi menjadi generasi berikutnya, sesuai Avatar Life Circle. Avatar terakhir, Avatar Roku, berasal dari Fire Nation. Dia telah mati lebih dari 200 tahun yang lalu. Menurut Avatar Life Circle, Avatar selanjutnya akan muncul dari Air Nomad. Tetapi, 100 tahun setelah Roku tewas, Avatar baru tidak muncul2. Pemimpin Fire Nation saat itu, Firelord Saosin (klo kuping gw sekrupnya masih kenceng) mengambil kesempatan tersebut dan mengumumkan perang terhadap ketiga fraksi tersebut.

Untuk mencegah munculnya Avatar, Fire Nation menyerbu Air Nomad dan memusnahkan segalanya, sehingga para Airbender punah. Bertahun-tahun kemudian, 2 orang kakak beradik, Sokka dan Katara menemukan seorang anak berusia 12 tahun bersama peliharaannya berupa hewan terbang raksasa di dalam bongkahan es raksasa. Nama anak itu adalah Aang, dia adalah seorang Airbender dan juga seorang Avatar. Rupanya dia terperangkap di dalam es itu selama ratusan tahun.

Kini dia bersama teman-temannya pergi bertualang untuk menyelamatkan dunia dan menggulingkan Firelord Ojai, pewaris Firelord Saosin. Dalam petualangannya menyempurnakan ilmu Avatar-nya (saat ditemukan Aang baru bisa melakukan Airbending), dia dan rombongan dikejar2 oleh Zuko, anaknya Ojai; Iroh, sodaranya Ojai; dan penjahat2 seksual lain yang punya kepentingan sendiri.



Karakter2 di Avatar, The Last Airbender:
Aang
Avatar terbaru yang masih hijau, belum menguasai ke-4 elemen dengan sempurna. 12 tahun, Air Nomad yang terakhir. Seluruh keluarganya terbantai bertahun2 yang lalu ketika dia hibernating di dalam es. Kalau terdesak, kekuatan avatarnya teraktivasi, kekuatan ini juga yang membuatnya terkurung di dalam es batu bersama Appa. Informasi terbaru saat ini, dia sudah bisa menguasai ke-4 elemen, tapi elemen api belum terlalu dikuasai, lebih tepatnya lagi Aang tidak mau memakai firebend lagi karena dia pernah melukai Katara dengan apinya. Selain itu, kesibukkannya saat ini sedang berlatih menguasai Avatar State, saat2 dia berada dalam kondisi puncak (semua ilmu dan kekuatan para Avatar sebelumnya bertumpuk menjadi 1 di dalam dirinya).

Katara:
Seorang Waterbender berusia 14 tahun, adeknya Sokka. Ibunya juga terbunuh oleh Fire Nation. Orang yang paling penting bagi Aang (karena Aang sudah tidak punya siapa2 lagi? Nonton ajalaaaaah). Selalu bertentangan dengan Sokka, padahal sama2 keras kepala. Setelah berguru dari Master Pakku, waterbend-nya jadi jauh lebih hebat. Sekarang punya kerja sampingan juga jadi guru waterbend buat Aang.

Sokka:
Kakaknya Katara, 15 tahun. Bukan seorang pengendali elemen, tapi bersenjatakan bumerang wasiat. Tokoh terkocak di sini. Selalu berlagak jadi pemimpin. Keras kelapa, mirip adeknya, ya iyalah...orang kakak-adek. Punya kisah tak sempurna dengan putri dari Northen Water Tribe, tapi dia tewas demi umat manusia. Sekarang mencoba berkisah kembali dengan Suki, salah 1 Warrior o Kyoshi, tapi nasib Suki sekarang belum jelas sudah tewas atau belum.

Prince Zuko:
Pangeran Fire Nation, anaknya Firelord Ojai. Tapi sekarang udah diusir. Terobsesi banget ama Avatar. Berpetualang memburu Aang bareng Iroh, pamannya. Kalah sakti ama adek ceweknya, Azula. Karena Azula yang sekarang ditugaskan untuk memburu Aang, maka Zuko sudah tidak disupport lagi oleh Firenation, sekarang dia cuma gembel gelandangan sedikit sakti biasa doank.

Iroh:
Sejauh ini, merupakan tokoh terbijak sedunia di Avatar, walaupun antagonis (bukan penjahat). Seharusnya dia yang jadi Firelord, tapi gara2 1 dan lain hal, adiknya, Ojai yang menjadi Firelord. Sejauh ini tokoh terkuat di seri ini (selain para Avatar tentunya) karena firelord Ojai sampai sekarang belum jelas wujudnya. Saking saktinya, bisa mengembangkan firebend menjadi petir. Juga dijuluki sebagai Dragon of The West.

Appa:
Ini kendaraannya Avatar Aang, selevel ama kendaraannya Avatar Roku, tapi Roku, binatangnya berupa naga, sedangkan Appa lebih berbentuk banteng berbulu berkaki 3 pasang. Tenang aja, dia juga bisa terbang. Kata kuncinya: "YIP YIP!". Saat dia diculik para Sandbenders (orang2 yang mengembangkan earthbend menjadi sandbend), Aang sangat marah sekali, sampai hampir2 membantai semua Sandbender dengan wujud Avatar State. Episode Appa's Lost Days juga sangat mengharukan...hiks...hiks...

Toph:
Si Toph (Toph Bei Fong) ini juga salah satu karakter esentrik (sekilas mirip Noodle dari Gorillaz). Tukang lawak bareng Sokka. Mengingatkan kita (apa gw doank?) pada Si Buta dari Goa Hantu, karena dia sama2 buta, tapi dia cewek, baru 12 tahun. Jago banget dalam earthbend juga bisa berevolusi jadi metalbend, bisa mendeteksi sekitarnya cuma dari getaran tanah. Merangkap jadi guru earthbend bagi Aang juga, karena King Bumi (earthbender sakti lainnya, temen masa kecil Aang) lagi ditawan Fire Nations. Si Toph ini walaupun ceria, tapi sebenarnya dia kabur dari rumah gara2 dianggap cupu abiz ama bo-nyok-nya.

Azula, Ty Lee dan Mai (Azula dkk)
:
Trio Kwek-Kwek wakil dari Fire Nation menggantikan Admiral Zhao yang tewas oleh Aang dalam mode Avatar State dan juga menggantikan Zuko.
Azula sepintas tampak sebagai adik yang lucu (waktu masih kecil) padahal mungkin di sini dia adalah orang terjahat sedunia. Kemampuannya juga jauh di atas Zuka, dia sudah bisa mengendalikan petir (expansion pack dari firebend), apinya juga berwarna biru (gara2 pake kompor Hitachi hemat bahan bakar?).
Ty Lee juga sebagai anggota Trio Maut ini juga hebat skillnya, di antara ketiga Trio Maut ini, mungkin Ty Lee-lah yang paling tidak terlalu jahat. Dia ikut Trio ini juga karena agak terpkasa oleh Azula yang notabene adalah teman kecilnya. Tidak bisa firebend, tapi jagoan sirkus, juga jago notok2, Katara aja pernah dikalahin gara2 kena totokannya si Ty Lee sehingga tangannya kaku dan gak bisa waterbend.
Mai tampaknya tidak punya ekspresi, ikut Azula dkk gara2 bosan dengan kehidupan yang monoton. Sama seperti Ty Lee, merupakan teman main karet dan temen sepermain bekel bareng. Juga gak bisa firebend, tapi ahli dalam Art of Shuriken, cocok musuhan sama Sokka yang bersenjatakan bumerang.

5 comments:

Anonymous said...

Appa kakiny 3?
Mangnya tripod!
6 kali..

Bang Ganteng said...

hmmm, 3 pasang maksudnya.....
lemah...

rossa said...

hai...hai salam kenal..
itu avatar di DVD episode terakhir udah sampe mana yah?
sama kaya di Global TV gak yah?
Soallnya penasaran nih. pengen cari lanjutannya

Darth Verocious said...

hmmm, salam kenal juga, walaupun gak kenal juga sih...

avatar episode terakhir, si aang udah nguasain 4 elemen, tapi blom sesakti roku.

muncul season 3 = book fire, kayaknya septemberan/oktoberan gitu deh

penasaran? cari aja lanjutannya di kantor nikoledeon

wok wok wok

aYa iFada said...

Iya, episode Appa's Lost Today sedih banget. Wuaaaa...hu hu hu hu...