Monday, June 25, 2007

hmmm, Renungan Semester Ini

hmmm, semester yang angkanya habis dibagi 2 telah berakhir. Libur telah tiba...bagi yang pengangguran...sayangnya gw pura2 ikut SP dengan rajin. Nilai-nilai untungnya sudah keluar semua. Ada dosen yang baik hati menaruh seluruh nilai di scele (dalam bentuk file yang bisa didonlot dan dikomentari ramai2, tentu saja). Ada juga yang lebih baik hati (gak asig?) menaruh nilai di IRS, tersembunyi dari jangkauan orang2 yang ingin tahu.

hmmm, mari satu2 membahas (mata kuliah)2 beserta dosennya yang telah diselenggarakan di masa lalu atau masa kini, bagi yang ber-SP atau masa depan, bagi yang kurang beruntung. Sumur, tentu saja yang gw bahas adalah (mata kuliah)2 yg udah gw ambil v sedang gw ambil v akan gw ambil v cukup bahan untuk dituliskan di sini. Gw batasin biar gak kepanjangan, tapi rasanya segini aja udah kepanjangan banget.

JARKOM:
hmmm, pelajaran tentang hubungan-hubungan antar komputer dan netek bengeknya. Ada 2 kelas yang disediakan, kelas Om Husni dan kelas Bu Betty. Atas pertimbangan yang cermat dan mendalam (baca: RANDOM), gw memilih kelasnya Om Husni. Dan ternyata gw hoki bakery (Hoki = Takdir yang tidak disangka, kebetulan itu istilah pesimis, mungkin ada pengecualian untuk beberapa kasus), Om Husni adalah orang yang sangat baik hati dalam memberikan nilai, mengajarnya pun sangat mudah dicerna, walau godaan untuk membaca Koran Tempo bawaan Irvan cukup kuat dan setelah itu tertidur (siapa yang tidur? Gw atau Irvan? Irvan pasti, klo gw? Liat2 keadaan dulu). Kecepatannya dalam memeriksa ujianpun termasuk Top Class, sementara si ibu2 itu sangat telat dan terbelakang, setelat kereta listrik ekonomi yang relnya sedang diperbaiki, jalannya pelan karena para penumpang (Masinis + Tukang tiket + Tukang copet + Korban copet) sangat berjejalan, udah gitu di depan ada mayat bekas ketabrak kereta yang belom dipel sehingga seluruh penumpang rela diberhentikan demi sang mayat. Sumur, udah nyampe mana tadi? Baru sampe Cawang tuh. Bukan keretanya...jarkomnya.

hmmm, saat Om Husni selesai membagikan hasil UAS dan nilai akhir, ibu2 itu baru selesai membagikan UTS, mungkin sekarang udah sih. Dosen bilingual ini bahkan dengan amat baiknya memberikan perbaikan UAS bagi yang membutuhkan, padahal dia juga mengajar POK, sedangkan si ibu2 setau gw cuma ngajar jarkom doank. Sejujurnya, gw mengharapkan nilai yang buruk di jarkom ini, tapi Om Husni berpendapat gw pantas mendapat nilai yang lebih baik (tentu saja dia benar, walaupun pada hampir pada semua kasus gw selalu benar). Makasih Om Husni...


MATEMATIK DISCRET (MD):
hmmm, pelajaran tentang dan atau, permutasi, graf, rekurensi dll. Ada 2 kelas juga, 2-2nya ibu2, Bu SA ama Bu Bella. Dosen beruntung yang berkesempatan mengajar gw adalah bu SA. Ternyata tidak sesulit masa lalu, mungkin di masa lalu gw kebanyakan menahan diri? Hari2 di kelas dijalani dengan biasa saja, masuk selalu telat, jika telat maka duduk di belakang, jika duduk di belakang maka mengantuk, jika mengantuk maka teridur, hukum alam. Entah mengapa bu SA ini tampaknya begitu sabar, tidak pernah marah. Bahkan menjadi hal biasa seorang mahasiswa 2006 baru datang jam 09.30 (padahal kuliah berakhir jam 09.40), klo gw masih tau dirilah, paling telat dateng jam 9 aja! Ada juga sesi ilerning yang memaksa kita untuk ngedonlot slide2 bersuara lucu (Ketik REG spasi Hihi) dan selama sesi ilerning itu, kelas dimusnahkan. Sangat bagus buat pertambahan jam tidur. Hasilnya lumayan bagus, walaupun masih meragukan bila ingin digunakan untuk mengajukan diri jadi asdos.


proBABIlitas terapan (Probter):
hmmm, sesuatu yang mengandung babi hukumnya adalah haram. Oleh karena itu, gw juga menjaga jarak dengan kuliah yang 1 ini agar tidak terlalu menguasainya. Walau kelasnya berbeda-beda, tapi dosennya tetap 1 juga (Bhinneka Tunggal Eke). Dan dosennya adalah si Dewi Mairiza, DM, Penunggu Aula, The Maniks2. Probter adalah kelanjutan dari statistik, tapi lebih membahas penerapannya??? Salah satu dari 3 pelajaran yang gw pernah kabur dari kelas. Metode mengajarnya cukup aneh, hampir selalu datang telat, ada workshit, ada juga kupon (jangan bayangin kuponnya keren, cuma potongan kertas koran yang diberi coret2an yang dikiranya tanda tangan). Jiwa sebagai Kupon Hunter sedikit ingin mendapatkan kupon itu, tapi begitu melihat wujud kupon itu, jadi tidak tertarik lagi, lagipula tidak lucu klo orang lagi tidur memaksakan diri mengerjakan soal di papan tulis. 1 hal lagi, Tragedi Tersedih Sedunia (lebih sedih daripada RomeoJuliet ato tewasnya Kartini. Ada yang sedih?) waktu UAS Statistik Berdarah sudah cukup membuat malas, siapa yang tidak kesal bila kesalahpahaman seksual bodoh menjadi pangkal dari hancurnya angan2?

hmmm, DM juga cukup nekad membawa anaknya saat ujian. Tidak tahukah dia banyak yang menunggu kesempatan yang tepat menculik anaknya untuk ditukarkan dengan nilai A? Bahayanya lagi, metode memeriksa jawabannya, baginya keakuratan jawaban jauh lebih besar nilainya daripada proses menjawab. Jawablah salah dengan cara yang benar dan 40% melayang and You're Dead. Tapi bagusnya dia cepat dalam memeriksa dan mengeluarkan nilai (walau kurang bagus). Yah lumayanlah untuk ukuran ibu2 yang sibuk ngurusin anak (bukan membuat kurus si anak). "Kita bertemu lagi di kehidupan selanjutnya ya" adalah kata2 Dani saat tahu masa2 bersama DM telah berakhir. Quotes yang menarik.


OS:
hmmm, dosen asig, pelajaran asig, metode asig, nilainya juga asig. Kuliah ini tentang seluk beluk Sistem Operasi. Metode mengajar Om Ibam, dosen OS, sangat asig, presentasi masing2 kelompok per bab. Mungkin jadi gak asig, klo setim dengan orang yang selalu bilang "Masih lama kan dikumpulinnya", "Ntar aja ah", "Ah, gampang tar gw kerjain (tapi akhirnya gw yang ngerjain)". Tidak apa2lah, jenglot juga manusia, dosa2nya telah kuampuni (walau tentu saja dosa-dosa lain sebanyak 3 pegunungan masih menumpuk). Ini juga satu2nya mata kuliah selain alin yang gw berniat dateng lebih pagi demi mendapatkan kedudukan (kedudukan di sini dalam arti harfiah), walau kadang2 niat tak berjalan sebagaimana mestinya. Om Ibam juga sangat tepat waktu, unik, juga rela berbagi waktu untuk sekedar latihan soal. Benar2 dosen yang baik.


BASIS DATA (BASTAD):
hmmm, ada pepatah mengatakan "Lain ladang lain belalang". Biarpun dosennya sama2 Bu SA, ada Om Nizar juga sih dengan komentar2 pedasnya waktu U, AStapi matkul yang ini jauh lebih terasa berat. UTS dan UAS hancur lebur, untung dibantu dengan tugas akhir. Mungkin kalau tidak ada tugas akhir ini, 3/4 kelas terancam punah. Tutorial2nya yang menyenangkan (karena bisa melakukan hal lain selain sekedar bertuorial) juga dipersulit dengan sering tewasnya server Jupiter (padahal klo di Sailor Moon, Sailor Pluto jauh lebih gw favoritin daripada Sailor Jupiter). Yah, walau hasilnya ngepas2an, yang penting selamat.

ALJABAR LINEAR (ALIEN):
hmmm, materinya jauh lebih bersahabat daripada kalkulus, yaitu vektor dan matriks. Dosennya juga sangat baik dan berpengalaman, Bu Kasiyah. Tapi menurut legenda, soal ujiannya susah. Makanya gw berusaha dateng pagi2 demi mendapat kedudukan di depan, tapi akhir2 ini tingkat keakurasian kuping mendengar suara alarm berkurang, sehingga terpaksa datang sedikit telat. Metode mengajarnya juga cukup efektif, dengan worksheet. Benar2 kuliah yang mata-meleng-dikit-maka-gak-ngarti-kemudian. Biasanya abis kuliah ini, langsung laper gara2 resource dah abis.

OSK:
hmmm, mata kuliah yang mirip OS tapi beda O-nya doank. Merasa menyesal gak ngambil semester kemaren, tapi berharap nilainya bagus. Kuliah yang monoton karena tidak interaktif, tapi kadang2 ada hal menarik yang terjadi (kasus Halo merupakan contohnya). Lebih banyak tidur daripada bangun waktu kuliah ini, untunglah banyak hafalan sehingga bisa dipelajari kemudian di slide. Tapi UAS kemarin cukup menjebak karena pertanyaan2nya sangat berbeda dengan UAS sebelumnya, padahal telah susah payah mempelajari UAS tahun lalu. Yang penting lulus juga deh...

SC:
hmmm, semacam MD tapi dengan tambahan dosen si ganteng, om Ruli Manurung. Walaupun ganteng, tapi kabarnya dia cukup kejam memberi tugas dan ujian. Bahkan ada orang2 yang mengabadikan namanya pada seekor makhluk penghuni Fasilkom. Entah karena dendam, atau karena makhluk berekor itu cukup tampan untuk mengemban nama si ganteng itu??? Sekilas waktu mencuri kuliahnya sekali, cara mengajarnya mirip dengan Om Dadan Daradan Daradan. Tapi, setelah diperhatikan lagi, agak berbeda. Om Dadan cuma bergaung gak jelas di PPW, tapi Om Ruli ini jauh lebih jelas dalam memberikan materi (semoga), tapi kecuekannya sedikit mirip.



TBA:
hmmm, belum ada cukup informan dan informasi tentang matkul yang 1 ini. Cuma dosen di masa lalu adalah Om Suryana, kini gantian Om Stef yang ngajar.

GRAFKOM:
hmmm, belom cukup juga informan dan informasinya, tapi kuliah ini menganut sistem Dual Dosen, Om Suryana di kelas dan tebak siapa yang bertugas di lab? Om Dadan!!! Tapi menurut yang terdengar di lab sebelah, dia tidak lagi memakai mic waktu menjelaskan, jadi mungkin gaung2 tidak jelas manusia goa Cromagnon sudah jarang terdengar lagi (semoga juga).



hmmm, kata-kata kalung mutiara:
Janganlah pesimis dalam menghadapi suatu kuliah, kesombongan tetaplah diperlukan.
Tidak perlu menyesal bisa nilainya jelek atau mengharuskan untuk mengulang (didn't make it), karena menyesal itu tidak berguna, yang berguna adalah bertobat. Bertobatlah kalian semua!

2 comments:

Professor Howdy said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Bang Ganteng said...

hmmm, ngember aja nih tuyul...

let me give you my quote:
"Me always hate the bump
Then someone goes to the pub
Hey you the dump
Why dont you shut tje fuk up!" ~Bang Ganteng

oh yes, oh no, sorry, no smoking, i love you